Sudah tau apa itu solvent pop atau biasa disebut popping oleh para painters di Indonesia?

Diterbitkan 27 March 2024

Sudah tau apa itu solvent pop atau biasa disebut popping oleh para painters di Indonesia?

Hallo sobat Belkote!

Pada mobil yang baru dicat, gelembung yang muncul diakibatkan oleh solvent popping. Solvent pop atau biasa disebut popping oleh para painters di Indonesia lebih dikenal sebagai terperangkapnya solvent di dalam lapisan cat itu sendiri atau semacam lepuh dengan bagian atas hingga diameter 1 mm pada permukaan lapisan film cat yang terakhir diaplikasikan. 

Solvent pop atau Popping Pada Mobil
Solvent Pop atau Popping Pada Mobil

Mengapa gelembung tersebut dapat muncul pada lapisan cat mobil?

Hal ini disebabkan oleh kesalahan teknik pengecatan, biasanya karena filter spray gun yang kotor atau karena udara dari kompresor banyak mengandung air. Di samping itu, solvent popping juga bisa disebabkan banyak faktor seperti pencampuran material yang tak tepat, waktu pengeringan yang kurang, hingga aplikasi lapisan coating yang tidak kompatibel. Penyebab solvent pop atau popping lainnya yaitu penggunaan hardener ataupun reducer yang terlalu cepat, lapisan film yang berlebihan, dan juga yang terakhir adalah jeda antar layer yang tidak mencukupi. Nah jeda antar layer ini yang biasa di debut flash off. Biasanya gelembung pada cat ini terjadi pada mobil yang baru dicat atau pada mobil yang sudah berumur.

Solvent pop atau Popping Bagian Dalam Cat Mobil
Solvent pop atau Popping Bagian Dalam Cat Mobil

Bagaimana cara mengetahui flash off yang tepat?

  • Kualitas buruk atau terlalu cepat menipis.
  • Ketebalan film yang berlebihan, atau waktu pengeringan antar lapisan yang tidak mencukupi.
  • Tekanan udara terkompresi terlalu rendah.
  • Suhu pengeringan terlalu tinggi, sumber panas terlalu dekat dengan film, terlalu panas, atau diaplikasikan terlalu cepat.
  • Indikator flash off altar layer yang tepat dan ideal adalah spider web. Spider web itu sendiri saat kita menempelkan jari kita pada clear coat setelah aplikasi terlihat benang seperti jaring laba-laba. Terlihat di kasat mata itu belum menandakan persiapann untuk layer berikutnya. 
Spider web atau jaring laba-laba
Spider Web atau Jaring Laba-laba

Cara Pencegahan yang dapat dilakukan

Secara umum, yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan pengecatan ini adalah dengan melakukan teknik pemolesan. Teknologi Beloke yang sudah tidak diragukan lagiUntuk clear coat yang memiliki flash off yang tepat dari produk Belkote yaitu Belkote 6300 yang memiliki kecepatan kering dan keras yang sangat baik. Memiliki jeda flash off yang lebih cepat dibanding clear coat HS pada umum nya. Karana Belkote 6300 sendiri adalah clear coat jenis hybrid solid ketika curing.

 

Sumber:

  1. https://www.gridoto.com/read/222209366/muncul-gelembung-pada-lapisan-cat-mobil-apa-yang-sebetulnya-terjadi